Pilah Pilih Minuman

Selain susu dan air putih, masih ada beberapa cairan lain yang boleh dikonsumsi oleh Mama menyusui. Di sisi lain, ada pula yang harus dibatasi atau malah sama sekali tak boleh dikonsumsi.

Baca juga : Tes Toefl Jakarta

JENIS CAIRAN dan BATASAN JUMLAH

AIR KELAPA Tidak dibatasi, dengan syarat berasal dari kelapa segar (baik kelapa muda ataupun kelapa hijau), bukan dalam bentuk kemasan yang telah ditambah gula. Air kelapa mengandung elektrolit yang bisa mencukupi kebutuhan cairan layaknya air putih, disamping mengandung gula buah alami yang bisa menambah energi untuk Mama. Karena telah mengandung gula, sebaiknya hindari memberi gula tambahan ataupun mengonsumsi air kelapa kemasan yang telah diberi pemanis buatan. Kandungan gula yang tinggi bisa memicu kenaikan berat badan yang berlebih pada Mama.

KOPI Dibatasi, secangkir sehari. Sebaiknya campur kopi dengan susu untuk mengurangi efek kopi. Tak ditemukan kandungan kafein pada ASI seorang mama yang gemar meminum secangkir kopi di pagi hari, paling banyak hanya 1%. Namun, dalam dosis tertentu, misal, Mama minum lebih dari tiga gelas sehari, kemungkinan bisa memberi efek pada Mama dan bayi. Efek bagi Mama ialah deuretik, yakni jadi lebih sering pipis sehingga cairan tubuh yang terbuang jadi lebih banyak. Sedangkan efek bagi bayi, terutama bayi usia kurang dari 6 bulan, ada kemungkinan mengganggu pencernaan bayi, membuatnya lebih mudah terbangun, dan sulit tidur.

TEH Dibatasi, segelas sehari. Hindari mengonsumsi teh sehabis makan. Walau kandungan kafein pada teh tak sebesar kopi, namun teh bisa mengganggu penyerapan zat besi oleh pencernaan Mama. Zat besi dibutuhkan oleh Mama untuk mencegah anemia, sehingga bisa membantu mempertahankan tingkat energi.

COKELAT Dibatasi, secangkir sehari. Terlebih untuk minuman cokelat manis. Efeknya lebih ke peningkatan berat badan Mama.

JUS BUAH & SAYURAN ASLI Bila tanpa gula, tak ada batasan. Bila ditambah gula, cukup 1 porsi per hari. Sayuran dan buah mengandung nutrisi, vitamin dan mineral yang menunjang kesehatan Mama sehingga mampu memproduksi ASI yang berkualitas. Semakin variatif makanan yang Mama konsumsi, semakin kaya kandungan ASI. ASI yang berkualitas bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi, disamping mendukung pertumbuhan yang optimal.

Sumber : pascal-edu.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *