cara mengatasi telinga tersumbat

Jangan Khawatir, Ini 5 Cara Mengatasi Telinga Tersumbat

Cara Mengatasi Telinga Tersumbat – Semua orang pasti merasa tidak nyaman jika telinganya tersumbat kan??

Baik itu tersumbat karena air ataupun karena adanya kotoran. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan di rumah untuk mengatasi telinga tersumbat dan tentunya dengan cara yang aman ya guys.

Telinga tersumbat memang membuat kita tidak nyaman, karena pasti menyebabkan adanya gangguan ketika mendengar dan telinga terasa tidak enak seperti ada yang mengganjal.

Inilah 5 Cara Mengatasi Telinga Tersumbat

Oleh karena diperlukan cara yang aman untuk mengatasi telinga tersumbat, lalu apa sajakah itu? berikut ini adalah ulasan lengkapnya untuk Anda.

1. Kompres pakai air hangat

Cara mengatasi telinga tersumbat kotoran yang pertama adalah dengan mengkompres menggunakan air hangat. Karena tanpa kita sadari biasanya pada saat kita mengalam flu atau pilek maka otomatis akan terjadi penumpukan lendir yang juga bisa menyumbat telinga.

Oleh karena itu, dapat diatasi degan cara mengkompres dengan air hangat. Dengan begitu maka aliran darah dapat berjalan lancar sehingga oksigen dapat terdistribusi pada bagian tubuh yang sakit.

Baca Juga:  Tips Memilih Tempat Catering Berkualitas

Selain itu dengan mengkompres menggunakan air hangat maka lendir akan encer sehinggat tidak menjadi gumpalan yng akan menyumbat telinga. Caranya mudah sekali kok guys, cukup rendam handuk kecil dalam air hangat 50-60 derajat celcius, selanjutnya tempelkan pada telinga anda 1-2 menit secara berkala.

2. Menesteskan minyak esensial

Cara yang kedua untuk mengatasi telinga tersumbatb oleh kotoran adalah dengan memberikan tetesan minyak esensial atau baby oil pada telinga anda. Karena biasanya kotoran yang menyumbat sudah mengeras sehingga menyumbat di lubang telinga, oleh karena itu harus dilunakkan terlebih dahulu untuk mengambilnya.

Caranya sangat gampang yaitu dengan menghangatkan dulu minyak yang mau digunakan baik itu minyak esensial, baby oil ataupun minyak zaitun dalam satu sendok makan. Setelah terasa sedikit hangat masukkan minyak tersebut ke dalam pipet dan teteskan pada telinga anda. Biarkan dulu dengan posisi memiringkan kepala selama beberapa saat. Lakukan hal ini selama 2-3 kali dalam sehari sampai anda merasa sudah tidak tersumbat lagi.

3. Memiringkan kepala

Pada saat mandi atau berenang biasanya seseorang dapat mengalami telinga tersumbat dengan air. Keadaan ini tentu membuat anda tidak nyaman kan guys. Oleh karena telinga tersumbat harus segera diatasi. Salah satunya dengan teknik memiringkan kepala.

Caranya adalah dengan memiringkan kepala berlawanan dengan mana posisi telinga yang tersumbat. Letakkan handuk atau tisu pada bantal terus letakkan telinga anda di atas handuk tersebut sehingga posisi kepala anda sekarangdalam keadaan miring. Tunggu beberapa saat sampai anda merasa sudah nyaman.

4. Mengeringkan dengan hair dryer

Telinga anda tersumbat air?? Tapi anda tidak mempunyai banyak waktu untuk mengeringkan telinga tersumbat air dengan posisi miring?? Tenang, ada caralain yang lebih cepat yang bisa anda lakukan yaitu dengan menggunakan hair drayer. Pasti aneh kan dipikiran anda menggunakan hair drayer untuk mengatasi telinga tersumbat air.

Caranya yaitu dengan mengarahkan hair drayer pada telinga anda, tapi jangan terlalu dekat ya guys. Dengan panas dan tiupan angin dari hair drayer akan membuat telinga basah atau tesumbat menjadi kering.

5. Lakukan Valsaval Manufer

Cara yang satu ini juga dapat kalian praktekkan dengan mudah guys, yaitu dengan cara menjepit hidung menggunakan jari, kemudian menarik napas dalam-dalam dan menghembuskan nafasnya dengan posisi jari menjepit hidung dan posisi mulut tertutup. Lakukan maneuver ini sampai anda merasakan plong di telinga anda. Dan itu tandanya telingatersumbat anda sudah dapat teratasi.

Gimana, sudah tahu kan sekarang apa saja cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi telinga tersumbat dengan aman. Untuk meminimalisisr telinagtersumbat jangan lupa membersihkan telinga anda ya guys dan menggunakan topi renang saat anda renang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *