Disukai Selama Ribuan Tahun

Hadirnya mi tidak bisa dilepaskan dari temuan tepung terigu. Diperkirakan tepung terigu sudah ada sejak 5000 tahun sebelum Masehi. Tepung terigu diyakini berasal di Timur Tengah. Dan pada tahun yang kurang lebih sama orang Cina dinyatakan sudah mulai membuat mi. Tetapi gandum baru ditanam di Cina Utara pada akhir millennium kedua. Pada abad keempat dan ketiga Sebelum Masehi banyak negara sudah mengenal mi. Di India, misalnya disebut “sevika”. orang Perancis menyebutnya “noulles”. orang Jerman menyebutnya nudeln. Dan kita menyebutnya “mi”.

Tahun 2002 arkeolog menemukan sebuah mangkuk gerabah berisi mi. Dari penanggalan radiocarbon, diperkirakan mi yang ada di dalam gerabah adalah mi tertua yang berusia 4 ribu tahun sebelum masehi. Mi yang ditemukan masih bisa bisa terlihat bentuk minya, menyerupai mie Lamian tradisional Cina. Sebuah catatan menyebutkan, orang Cina sudah menjadikan mi sebagai makanan pokok saat Dinasti Han pada 206 Sebelum Masehi.

Tercatat juga bahwa mi kering sudah dikenal sejak zaman Dinasti Yuan. Bagaimana dengan mi instan. Mi instan diciptakan oleh Momofuku Ando dan pertama kali dipasarkan di Jepang tahun 1958. Temuan ini sungguh sesuatu yang luar biasa. Sampai saat ini mi instan berguna bagi banyak orang dan memudahkan orang dalam memroses mi ketika ingin menyantapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *