Checklist Ketika Servis

Lelehan Oli Mesin

Mesin diesel Ford Everest termasuk tahan banting. Jika saja pemilik yang sebelumnya rutin melakukan perawatan dengan benar secara berkala maka kondisinya dipastikan akan baik-baik. Kendati begitu, tetap lihat fsik mesinnya. Salah satu indikasi mesin sehat adalah kering tanpa lelehan oli mesin. Tapi saja mobil yang Anda taksir terdapat lelehan oli, jangan ada kekhawatiran lebih dulu karena biasanya itu bisa terjadi akibat dari ada kebocoran pada gasket. Bocor pada gasket ini cukup mudah untuk ditangani dengan biaya perbaikan yang terjangkau.

Injektor

Sempatkan tes jalan lalu lajukan pada kecepatan sedang. Injak pedal gas dalam dan rasakan mesinnya. Jika sampai terdapat gejala mesin yang tersendat (brebet) ada kemungkinan besar pada injektornya terdapat masalah. Kalau injektornya bermasalah, kalibrasi adalah solusi murah. Namun apabila hingga terjadi kerusakan dan perlu diganti, maka pembelian yang injektor baru bisa mencapai hingga Rp 3 juta/buah.

BUKU Servis

Buku ini sangat penting sekali karena menjadi catatan (track record) selama kepemilikan sebelumnya. Dari buku servis inilah akan terlihat bagaimana berjalannya perawatan mobilnya rajin atau tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *